Sepatu yang terlihat menarik dan bagus, tak selalu berarti baik untuk kondisi kaki Anda. Perhatikan desain dan bentuknya agar Anda tak menyesal setelah membeli. Tak jarang sepatu cantik bisa meninggalkan bekas luka di sana-sini karena terlalu ketat dan bergesek dengan kulit Anda. Supaya tak menyesal saat membeli sepatu, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan saat mencoba sepatu yang ingin dibeli. Tak perlu diingat semua, tapi yang penting Anda paham bahwa sepatu yang nyaman adalah investasi terbaik untuk kaki Anda.

- Terpasang dengan nyaman dan mampu menggenggam kaki secara maksimal.

- Sepatu harus fit atau pas di kaki dan mampu menahan titik berat tubuh secara maksimal.

- Dari bagian depan telapak kaki hingga tumit tidak ada yang tertekan. Bagian terluas sepatu harus sesuai dengan bagian terluas kaki (biasanya ada di belakang jempol dan kelingking).

- Panjang sepatu harus mampu menahan tekanan saat kaki bergerak. Artinya,a da sisa ruang yang cukup (tidak kurang atau lebih) yang memungkinkan kaki nyaman saat tubuh beraktivitas. Cukup ketat untuk menghindari gesekan ke depan dan belakang.

- Punggung kaki atau tengah sepatu (biasanya tepat di tempat tali sepatu) harus sedikit longgar dan tidak membebani atau mengikat terlalu kencang.

- Heel atau hal sebaiknya tak lebih dari 4cm, pas untuk genggaman kaki, membatasi gerak berlebihan, dan antiselip.

- Cukup ruang untuk perubahan volume saat telapak kaki mengembang, terutama saat beraktivitas.

- Seimbang. Sol tidak terlalu tebal agar tidak membatasi gerak normal kaki saat berjalan. Bola solnya convex (seperti bakiak) akan terjadi rocking, yang bisa memengaruhi stabilitas lateral.

- Dapat mentransfer berat badan ke lantai secara efektif dan merupakan fondasi yang baik. Sepatu sebaiknya ringan, sehingga tidak terlalu membebani kaki.

- Terbuat dari bahan yang lembut dan agak elastis.

Related Posts by Categories



0 komentar